Biker Zone


BUKTI, FAKTA, DAN SUMBER SEJARAH
Agustus 15, 2007, 11:04 am
Filed under: Tak Berkategori

SUMBER, BUKTI, FAKTA SEJARAH

1.Sumber Sejarah
Beberapa pendapat dari ahli
a.R. Moh Ali
Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman Purba sampai sekarang.
b.Zidi Gozalba
Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tertulis, dan visual.
c.Muh yamin
sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.
Dapat disimpulkan bahwa sumber sejarah adalah segala warisan kebudayaan yang berbentuk lisan, tertulis, visual serta daapat digunakan untuk  mencari kebenaaran, baik yang terdapat di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia sejak zaman Prasejarah sampai sekarang.
Sumber sejarah terbagi menjadi 3 yaitu:
a.Sumber tertulis
sumber tertulis adalah segala keterangan dalam bentuk laporan tertulis yang memuat fakta-fakta sejarah secara jelas. sumber uini dapat ditemukan  pada batu, kayu, kertas, dinding gua.
b.Sumber lisan
sumber lisan adalah segala keterangan yang dituturkan oleh pelaku atau saksi peristiwa yangterjadi di masa lalu. sumber ini merupakan sumber pertama yang digunakan manusia dalam mewariskan suatu peristiwa sejarah namun kadar kebenaran nya  sangat terbatas karena terntung pada kesan, ingatan, dan tafsiran si pencerita.
c.Sumber benda
Sumber benda adalah segala keterangan yang dapat diperoleh dari benda-benda peninggalan budaya atau lazim dinamakan  benda-benda purbakala atau kuno. sumber ini dapat ditemukan pada benda-benda yang terbuat dari batu, logam, kayu, tanah.
Sumber sejarah dapat juga dibedakan menjadi:
a.Sumber Primer
sumber primer adalah kesaksian dari seorang saksi yang melihat peristiwa bersejarah dengan mata kepala sendiri atau saksi denganmenggunakan panca indera lain atau dengan alat mekanis yang hadir pada peristiwa itu (saksi pandangan mata, misalnya kamera, mesin ketik, alat tulis, kertas. sumber primer haruslah sezaman  dengan peristiwa yang dikisahkan.
b.Sumber Sekunder
sumber sekunder adalah kesaksian dari siapa pun yangbukan  merupakan saksi pandangan mata, yaitu seseorang yang tidak hadir  pada peristiwa yang dikisahkan . misalnya hasil liputan  koran dapat menjadi sumber sekunder  karena koran tidak hadir langsung pada suatu peristiwa. peliputnya (wartawan) yang hadir pada peristiwa itu terjadi.

2.Bukti Sejarah
Bukti sejarah terbagi menjadi:
a.Bukti tertulis
Bukti tertulis miripp dengan sumber tertulis pada sumber sejarah yang memuat fakta-fakta sejarah secara jelas. bukti tidak tertulis dapat berupa cerita atau tradisi.
b.Bukti tidak tertulis
Bukti tidak tertulis sudah barang tentu tidak berwujud benda konkret, meskiopun         demikian  mengandung unsur-unsur sejarah. bukti tidak tertulis dapat berupa cerita atau tradisi.

3.Fakta Sejarah
Fakta Sejarah adalah data yang terseleksi yang berasal dari berbagai sumber sejarah. dalam fakta sejarah  terdapat beberapa unsur, yaitu:
a.Fakta Mental
Fakta Mental adalahkondisi yang dapat  menggambarkan kemungkinan suasaana alam, pikiran, pandangan hidup, pendidikan, status sosial, perasaan, dan sikap yang mendasari penciptaan suatu benda. misalnya pembuatan pembuatan nekara perunggu.
b.Fakta Sosial
Fakta Sosial adalah kondisi yang dapat  menggambarkan tentang  keadaan sosial di sekitar tokoh pencipta benda, seperti suasana zaman, keadaan lingkungan, dan sistem kemasyarakatannya. berdasarkan hasil penemuan benda-benda sejarah , seorang sejarawan dapat memperkirakan fakta sosialnya.

Bukti dan fakta sejarah merupakan kumpulan peristiwa yang dipilih berdasarkantingkat keerartian dan keterkaitannya dengan proses sejarah tertentu. berbagai macam  fakta yang pada awalnya berdiri sendiri direkonstruksi kembali menjadi satukesatuan yang saling berhubungan  dan bermakna. berbagai peristiwa masa lalu, bahkan ratusan tahun lalu yang dapat direkonstruksi kembali berdasarkan sumber-sumber sejarah.

About these ads

86 Komentar so far
Tinggalkan komentar

pA,,,UlN dCh bcA + reSuMe MateRi nA……………..
neY uLn pA’ae iNdIrA X 1,,,,,,………….,,,,,………

Komentar oleh Gt.darin indira fitdini

Pak. ulun sudah membaca resumannya. semoga banyak manfaatnya dan bisa jadi tanbahan ilmu buat saya. Amin….
ini Amelia fiqrianty, dari X-1

Komentar oleh Amelia Fiqrianty

Pa, susah bangeeeeet! ini ajha ulun dibantu temen, soalnya ulun blm bisa, tapi situs bapak bagus looh!! MAKACIH!!!!!

Komentar oleh marnah (X-1)

Pak. ulun sudah membaca resumannya. semoga banyak manfaatnya dan bisa jadi tanbahan ilmu buat saya dan temen temen lainya. Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

DARI ANDRI IRAWAN

Komentar oleh andri irawan ( X-1 )

pa ulun jua dah baca pa ae…….

Komentar oleh b.rahman

Pak Hendra, Saya sudah baca sebagian dari Materi-Materi yang bapak buat, Semoga semua materi yang bapak buat bermanfaat bagi kami dan sering-sering aja ngasih materi lewat situs ini. oh iya, Kapan nih X-6 Ulangan sejarah Pak???? kalau ulangan jangan susah-susah ya pak, Kasih Materi yang ada aja…. Terima Kasih

Dari: Aditya Dinta (X-SIX)

Komentar oleh Aditya Dinta Masmitra X-6

PAk makasih materinya….
Ne udah dibaca.
Pak kalo ulangan jangan sulit”!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
anak” yang laen bnyk blom materi ini, nanti sy kasih tau dikelas….

P..E..A..C..E

Salam MAJESTIC

Komentar oleh Reiki_majestic (X-6)

Pa., nie ulun sdh buka blog pian’
makasih y pa atas materinya…
Wassalam”

Komentar oleh muntiara (x-2)

Pa…
makasih info’x
saya dach nge-save materi’x
wassalam….

Komentar oleh winda (x_4)

Pa Hendra,saya Yen2 anak X4,mo bilang…..klo sy dah bc materi’x…. thank’s banget ya pa…………..
Saya ke Warnet ma teman Saya ………….hehe..
Wassalam….

Komentar oleh yenyen (x-4)

ASS…
Pak saya odit,saya udc baca materi yang bapak kasih.mkasih z pak.mteri yg bpak ksih udc say print.skli lag thank so much

Komentar oleh siti khodijah (odit) X-2

Pa,
Tambahi lagi
pank matereinya
kalo perlu sebelum ulangan
Soalnya di taruh disini
jangan lupa jawabannya juga
He99x…….

Komentar oleh Coco & Jody

bapa saya jg udah baca tulisan bapa
materinya akan saya baca
buat ulangan nanti
makasih lo pak………….

Komentar oleh siti patimah

Pa…..??
Ulun udh baca materi pian. kalo bikin soal ulangan ojo ngalih2
nanti oa kagak paham
Pak. HENDRA THE BEST OF TEACHER
heeehee.. bagyaan ja pa ae jgn di ambil hatiii

An+on!$uk3

Komentar oleh Anton (x-6)

Pak ni rifka anak x6 thanks udah ngasih materi ini nanti materi ini akan saya baca,dirumah,disekolah n dimana aza kalo nanti mau ulangan pokoknya salut deh buat bpa krna udah buatin materi ini buat anak2 muridnya….trima kasih pa!!!!!

Komentar oleh Rifka X6

mksh pak…dah buatin materi ini,materinya udah dibaca.moga aja dgn materi ini kami semua bisa belajar buat ulangan nanti.sekali lagi mksih pak….

Komentar oleh indri_cabie (x6)

Pak poKok bahasan Na Di Update ya pak “n’ berikan soal-soal na donk biar sekalian bisa belajar thanks

Komentar oleh Anton_ShinCi X-6

bpk…….
Uln DH BC BloQ BpK MkSh Bwt MtRIx
NI BKln ULn BK lg TP nNT …
MG ULNGN Nnt BPk nGsH sOalX Kd SSH2 Amin……..

Komentar oleh Saniah X3

thanks banget yaaaa pak ulun udah baca materi yang pian bari, semoga materi ini bisa menjadi bimbingan untuk belajar. tahnks you………

Komentar oleh david_demarco X-4

tanks banget yaaaaa pak ulun udah baca materi yang bapak beri. semoga dengan materi ini bisa membimbing belajar untuk lebih baek. he….

Komentar oleh d4v1d_d3m4rco

ThX Y Pa’

TgS seJAraH QueeN jD CeleSAY

Komentar oleh De gHy_gHYE

tolong berikan contoh dari sumber,bukti,dan fakta sejarah.

Komentar oleh Rano

KOnsep Bapak tentang Fakta-fakta sejarah, Fakta Mental, Fakta Sosial, Bukti, dan seterusnya banyak yang kurang tepat. Kesalahan konsep ini akan menjalar ke Sejarah Lisan, Sejarah Lokal, Sejarah Mentalitas, Tradisi Sejarah (Lisan dan Tulisan) Mohon baca buku :
1. Sejarah SMA Kelas X 2006 terbitan Yudhistira
2. Historiografi Indonesia, Karya Sartono Kartodirjo
3. Pengantar Ilmu Sejarah, Karya Kuntowijoyo
4. Pujangga Jawa dalam Bayang-bayang Kolonial, karya S. Margana
5. Sejarah Lisan Asia Tenggara, Kumpulan Karangan
Mudah-mudahan kritik saya ini bermanfaat, bagi pendidikan generasi muda

Komentar oleh Hermawan

PERIODISASI, KRONOLOGI, DAN KRONIK

Ditulis oleh TwinFive di/pada Agustus 29th, 2007

1.PERIODISASI
Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk berbagai peristiwa. Periodisasi yang dibuat para ahli tentang suatu peristiwa yang sama dapat berbeda-beda bentuknya dikarenakan alasan pribadi atau subyektif.
2.KRONOLOGI
Kronologi adalah penentuan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah. Kronologi berdasarkan hari kejadian atau tahun terjadinya peristiwa sejarah.
Manfaat kronologi adalah:
-dapat membantu menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah.
-dapat merekonstruksi peristiwa sejarah dimasa lalu berdasarkan urutan waktu dengan tepat.
-dapat menghubungkan dan membandingkan kejadian sejarah di tempat lain dalam waktu yang sama.
3.KRONIK
Kronik adalah catatan tentang waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah.

Ditulis dalam |

Komentar oleh aaaaaaaaaaaaaaaaa

sorry yapa klo banyak komentar y, antara lain:
1.banyak tulisan yg tdk jls
2.ada sebagian kata2 yg sulit d pahami
3.banyak bgt!!!
saran:
bisanggaklebih singkat lagi

Komentar oleh m.ariyandi

terima kasih bgt ya pa saya udah baca semua materi’x, jadi besok dpt mengarjakan soal dari bapak

Komentar oleh Heru (x-2_

pa…….
yg remedi sapa ja di x-2…..he…x3

Komentar oleh rhobyatunisa X-2

lakasi pa lah mengumumakannya…
oooooooiiiiaaaaaaaa pa kalau nilai ulun pina krng sdkt tmbhi akan pa lah……he3x….,makasih pa lch

Komentar oleh rhobyatunisa X-2

napa pa’ situs pian tulisan aja isinya..!!
mana gambarnya,,??
hehehe..
^_^

Aznin X5

Komentar oleh Aznin LT'

Assalamualaiikummmm………..Pakkkkk
Nama saya Muhammad Ferza Septiyan saya kelas X5
\Pak Soalnya yang nyaman2 zaaaaaaaalahhhhhhhhh…..,,,,,,…..
Jangan ngalih2 Pak Aiii Kna kd kawa ketemu lagi minggu depan
;’,./;'[.,/;’./.’,/”……………
Okkk Pakkk
Trimakasih
Assalamualaiikummmm………….Pakkkkk

Komentar oleh ferza (x5 furious)

pA..????

umPat cOret2 z Lah….

Ouwh hi’ih pyan dpat slam dri k2 ulun…

Ywdc gen pa ebonk lh…

Hhe,,..

Ass..

bY: aGung x5

Komentar oleh A.Agung.T.W.D

ouwh ya pak…

esk nyman2 z lah soal’ nya yg dkluar akn…

jgan ngalih2 pak lh……

Komentar oleh A.Agung.T.W.D

assalamualaikum wr.wb

Misi Bapak ini dari asma anak 10.5

Pak soal ulangan sejarah jangan sulit ya pak

supaya kami tidak Remedial.kan sebentar lagi bulan puasa.

pak apabila ada salah mohon dimaaf kan.

walaikum salam wr.wb

Dari:Asma noor maya

Komentar oleh asma noor maya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

saya kemari mau memberi komentar…

1. Mungkin lebih Menteb klo ada gambar…

2. materi ini sudah membantu saya belajar

3. klo ada keterangan tentang tugas yang bapak beri saya mohon petunjuknya ya…

Wassalam…

Doddy S. K.

X-4

Komentar oleh Dhodoyyy

Pa…………….uln dah bca materinya….. Pa PRnya ga ada di materi sini, knp??? cape de……

Komentar oleh molly X4

pusiiing….
makasih ya? soalnya tugas aku jadi selesai deh hehehe5x

Komentar oleh FRIDA

terimakasih kita ber 2 tlah membaca materi yang tlah bapa buat..
semoga yg tlah bapa berikan bisa membuat kami lebih maju kedepan..
dan saat ulangan km bisa diberikan keringanan dalam hal menjawab..
kami akan berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan nilai yang
terbaik…

terima kasih…
wasalam….^___^….

ini semua komentar dari anak” kelas X3..(doni & dodi}

Komentar oleh doni & dodi X3 Berkata:

makasih banget nh sejarah bikin aku bisa untuk ujian nh

tQ all

moga2 dengan situs ini saya mangkin paham

Komentar oleh bayu

Tyas X-5

Paaaaa. . .

Blog bApa SAngaT BERguNA BagI nuSA DaN BAngSA
UlangAN beSok sMOga SUkseS. . .

Amiiiiiiieeeenn!!!!

btw, kta da tugas bwt liburan ga pa??
balas k email na tyas aja. .

favomanga@yahoo.co.id

Komentar oleh TyAs TArisYa HUmaiRa

bapa….. yg baeekk ..

sebenrnya saya nehh sedikit bngung pak sama blog bapa nehh ..
habisz , pembagian materi nyaaa kurang tersusun adja gtuhh …

hmm,, kalo boleh usul sehhh ..
mending di perjelas aja pembagian tugasnya ..

mata saya uda jereng nih pakkkk ..
kalo liat compu lama lama ..
hehehehe …

hmm, oia pak .

bapa top bgt dahh kalo ngasihh tugasz ..
psti biar kita-kita pd pinter kan pak??
wahh , bapa hebat !

hehe ..
maav ya pak ..
sebelumnya saya udah mencomment bapa ini itu ..
masalahnya, untuk bisa introspeksi itu terkadang perlu kritik kan pak??
hehehe ..

oke dehh bapa Hendra ..
sekian dari saya ..

ingati lahh pa ..
nama saya Erica ..

cariin adja di kelas-kelas kalo bapa ga keberatan ..
hihihi ..

chayo bapa!!!!
ganbatte !!!

Komentar oleh Erica P.N

pak blognya bagus banget jadi kami bisa baca2 disini tapi, materinya digabung jadi kami kesusahan untuk mencarinya kalau kami boleh mengusulkan bagaimana kalo materinya dipisah pisah aja pak jadi kelas X khusus kelas X,kelas XI khusus kelas XI dan begitu juga buat kelas XII jadikan mudah untuk mencari materinya

kalau kami salah kami minta maaf yang sebesar besarnya ya pak ^_^ semoga ulangan nanti semuanya sukses

sekian dari kami

Komentar oleh recho tonggo ushodo manullang dan arnaldo prisko laka (x-3)

pak ap sch situs sejarah masa lampau sbg sbuah pendidikan keindahan dlm ilmu sejarah???????????

Komentar oleh cica

pak thanks atas materinya
semoga dengan materi yang bapak berikan saya dpt lebih memahami sejarah
dalam memperoleh nilai n prestasi yang baik…

oia pak
minalaizin walfaizin
mohon maaf lahir dan batin

maafin intan ys pak…
klu intan da salah
(maaf telat ngomongnya pak)

Komentar oleh Sariwiwit intan permata asti (X-3)

pem sayang kamu sya…. maafin pem sya .. pem bener” ga isa lupain kamu sya… love you so much

Komentar oleh anton soeharto

MOONRAKER NU AINK

Komentar oleh XXX

RIBUT JEUNK AINK MUN AYA KAWANI

Komentar oleh XXX

hello i`m marcelo galeano i`m looking ARNADO PRISKO LAKA please…

Komentar oleh ARGENTINA

I LOVE YOU ALL MY FANS IN INDONESIA!

Komentar oleh CHRISTIANO RONALDO

Guru sejarah gua teu balek beul…….. bego pisan ngasih soal!!!!!!!

Komentar oleh Asep Hidayat

pak hendra… mna ftonya???
mkasih y materi2nya…
sangat bermanfaat buat saya…
tapi bapa…
materi2nya itu ada di buku cetak…
saya asep dar kelas x-10

Komentar oleh asep

pa hendra…….bingung!!!! makasih yah pa…amat membantu :D

Komentar oleh Asep surayap

guru sejarah gua ngasih soal udah banyak susah pula!!Begoo!

Komentar oleh Asep Bambang

pa hendra, isinya sbenernya udah bagus..
tapi guru sejarah saya b*goooo!!

Komentar oleh Asep Ngerayap

jadii bizza ngerjain ULANGAN nee..

Komentar oleh ajoo

dah bsSa nGrjAiN tgAs NicH AlHamDuLILLaH………!;)

Komentar oleh LUDIA

ora nembus blas……………….blajare……………

Komentar oleh indra

q mw tanya nih,, apa ja jejak jejak sejarah di indonesia??????????????

Komentar oleh nisa'

kalau sejarah menurut waktu pembuatannya dan berdasarkan bentuknya? ……….coz aku lagi dapat tugas dari dosen

Komentar oleh nandha

betul-betullllllllll

Komentar oleh yalo oktafianus

keren , , bgus!!

Komentar oleh deuui

gak lengkap nehh :(

Komentar oleh nadia

Makasih ya pak,udah bantu aku bikin tugas sejarah.
fiuuh,akhirnya nemu juga nich,duh,lega dech.

Komentar oleh jean

pelajaran sejarah itu membosankaaaaaaaaan bngetttttttt terlalu byk materinyaaaaaaaaaaa…..

Komentar oleh caem

blog yg bapa
bkin krang lngkap
coba di lengkapi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Komentar oleh bayu

tenkzz informasi

Komentar oleh anggie

apa” saja sech unsur unsur dari sejarah ?

Komentar oleh sana

apa” saja sech unsur” dr sejarah ??

Komentar oleh shanta

Kk add gambarnya donk!!!!

Komentar oleh Qorry

assalamualaikum, Wr..Wb…
kalau bisa, tolong dicanntumkan daftar pustakanya…

Komentar oleh mohammad irzal

makasih banget yaaaa :D PR saya sedikit lagi selesai. makasih yaaaa ;)

Komentar oleh indah

hmmmm,,,thnks

Komentar oleh dedeh

ma’acii ,, jawaban pr nya jdii tmbah lengkap :D

Komentar oleh arva

thx bny buat artikelnx. GBU & WYATB :)

Komentar oleh Wiedya Maede

pak kurang jelazzz

Komentar oleh mikael

Makazihhh….. Dh bza ngerjahen tgz donk….

Komentar oleh Megawati chytumeank

Di pekher2 kurank lngkp jga Pak…
Bleh di tmbah khand Pak?????

Komentar oleh Megawati chytumeank

Waddduuuhhh…..
Rumhit jugha y Pak….
Jelesnya lg adha khand pak?????

Komentar oleh Nelli xinagha

terimakasih banyak pak atas informasinya,,, banyakmembantu saya, terimakasih

Komentar oleh amin saefullah

saya mau buat makalah resmi kayaknya kurang lengkap

Komentar oleh indra

Penjelasannya kurang menyeluruh

Komentar oleh Natalia

Penjelasannya kurang menyeluruh.

Komentar oleh Natalia

Penjelasannya kurang pak. fakta psikologis, objektif,

Komentar oleh wawan waruwu NIAS

om, kasih contoh a donk..
tentang fakta apa lah
penjelasan a udah ngerti!!

Komentar oleh Dony Adi

om koq penjelasan’a kurang lengkap sich …

Komentar oleh Sintya ardita

apa 3 manfaat kronologi sejarah?

Komentar oleh irma

Pak Saya Ingin tanyakritik sejarah.
-Internet
-Exsternet

Komentar oleh Sushy Anastasya Amore




Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: