Biker Zone


PERIODISASI, KRONOLOGI, DAN KRONIK
Agustus 29, 2007, 11:06 am
Filed under: Tak Berkategori

1.PERIODISASI
Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk berbagai peristiwa. Periodisasi yang dibuat para ahli tentang suatu peristiwa yang sama dapat berbeda-beda bentuknya dikarenakan alasan pribadi atau subyektif.
2.KRONOLOGI
Kronologi adalah penentuan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah. Kronologi berdasarkan hari kejadian atau tahun terjadinya peristiwa sejarah.
Manfaat kronologi adalah:
-dapat membantu menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah.
-dapat merekonstruksi peristiwa sejarah dimasa lalu berdasarkan urutan waktu dengan tepat.
-dapat menghubungkan dan membandingkan kejadian sejarah di tempat lain dalam waktu yang sama.
3.KRONIK
Kronik adalah catatan tentang waktu terjadinya suatu peristiwa sejarah.

About these ads

77 Komentar so far
Tinggalkan komentar

pa,,,,uluen dach buka blog pian,,,,knp dkit bnr pa,,,,,????
heee,,,,,,,heeeee,,,,,,darin indira X 1…………

Komentar oleh gt.darin indira fitdini

terlalu teoritis kayaknya…i’m sorry..

Komentar oleh agus

pa” materiNyA kRang nEchHh….
tmBahiN LgE PaNK Pa”,,,,
mgkin biSa d TmBhiN ContohNya…..!!!
mkCh yA pA”,,,,,

Komentar oleh Ika Tuningsih

pa nie lisda…..
ulun dah buka, sangat membantu kami belajar karena singkat dan padat

Komentar oleh lisda x.5

nie lisda x.5 blognya sangat bantu saya belajar.blognya singkat padat dan jelas

Komentar oleh lisda x.5

ass…………….
kerancuan tuch apa pa’????????????
saya dah baca pa’, tapi saya (-)kurang pehem.nanti di kelas jelasin lebih mendetail lagi ya pa’!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Komentar oleh Dwi cahya_X5

pa,,
yang ada di blog ni apa sudah ada materi ulangannya Pak,,,,
Pa,,
Mana soal latihan di blog ini kami dah tidak sabar nahhh,,,,
Mau jd orang pintar Pa,,,
He9999x……

Komentar oleh Coco & Jody (X 2)

pa,,,maTerinYA dah d’cOpy
tP kSih contohnya pa, biar TmBh ngrti….
Thanks Pa,fIna X1

Komentar oleh Yosefina Puspita S.

Pak………..Kurang panjang nec, blog nya!!!!!!kurang mendetail nec!

Komentar oleh yana

pak kenapa nih anu pak?????????

Komentar oleh Mapala Justitia

pa.., ulun dc buka blog pian !
makasih y pak atas materinya…

Komentar oleh muntiara ( X-2)

pak, sy dah buka, makasih ya pak ….

Komentar oleh Febriena Mustikarani

pak mana PR nya ????????????????
katanya di blog bapak

Komentar oleh andri irawan X1

pak saya bingung,,,,,,,,
pak,tolong ditambahin lebih jelaz materinya
biar lebih jelaz
hehee,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Komentar oleh nila

pak saya bingung,,,,,,,,
pak,tolong ditambahin lebih jelaz materinya
biar lebih jelaz
hehee,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
jangan ketawa ya pak,
hee,,,,,,,,,,,,

Komentar oleh nila _X3

paK,,,,,,,
SAYA BINGGUNG MENGAPA TUGAZ YANG BAPAK BERIKAN,
BELUM ADA,,,,,

Komentar oleh nila _X3

“Pa, maaf, ulun bingung kayapa mancari tugas ramadhan yang jar pian… Tolong Banar Pa’ai.”

Komentar oleh Ahmad Raziqin_X7

Pak,,, Mana keterangan tugasnya pak? saya masih bingung tolong jelaskan ya pak….

Wassalam Wr. Wb.

Doddy S. K.

Komentar oleh Dhodoyyy

Pak,,, Mana keterangan tugasnya pak? saya masih bingung tolong jelaskan ya pak…

Wassalam Wr. Wb.

Doddy S. K.

X-4

Komentar oleh Dhodoyyy

Klo sudah ada bapak tinggal kasih tahu saya biar saya langsung kerjakan…

Wassalam Wr. Wb.

Doddy S. K.

X-4

Komentar oleh Dhodoyyy

duh pak,,,kok bikin memet sC yC?????

Komentar oleh she-tha x4

duh pak, kok bikin mumet sC sC????????

Komentar oleh she-tha x4

pA, , , tHaNks bGt maTerI nA…
tp kLo bPa gK k’beRaTan, , tMbHin yAaA MtEri Na..
hEeEe^_-

Komentar oleh shelly x6

gak ada contoh-contoh yang jelas

Komentar oleh michael

pa sama contohnya donk……

Komentar oleh laras

makasih bin thank you pak lah. Wassalam

Komentar oleh goeZ Ar1eF x-Nam

pHa,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
nUmpAnKs leWaTh………………………………..

Komentar oleh kAlvEr............

contohnya kronologi dong yah?

Komentar oleh Shinta

Lagi butuh contohnya Boos, mau di kumpul besok, soallnya guru sejarahku killer!!!!!

Komentar oleh Shinta Smansa Pare

nama saya saddam dari sman
22 bandung, terima kasih atas infonya… membantu dalam belajar..

Komentar oleh sadam, sman 22 bdg

maksih, coz adikq bsa nyelesaiin tugasnya brkt ni

Komentar oleh amri y

pha…………?mKzH inForMsinYa,Sabtu ulaNgaN jGn sZh2 Lc PaK sOAlnYa

3k4_X6_SMADA

Komentar oleh eka fitri fuji lestari

Pa,,,,,,,,,,,,,,,ulangan na jangan sulit-sulit ya……..

By:Dwi Algus X4

Komentar oleh dwi

Pa..tlong berikan contoh periodisasi beserta tahunnya..tlong ya pa..

Komentar oleh Fifi

I luph arlina my cweety

Komentar oleh anggra prakash p

contohnya manaaaaaaaa ????

blomb lengkap !!!!!!

Komentar oleh yunhiie

Kurang penjelasannya..jdi krg dimengerti..
Thxx..

Komentar oleh viviany

kalau generalisasi dalam sejarah itu apa pak?

Komentar oleh Bujang Umin

ih mmbntu bgt dech..!

Komentar oleh ALL FEW

bisa di berikan contohnya dan juga perbedaan periodisasi dan kronologi??
thx ats informasinya….

Komentar oleh MoNcHa^

wew

man nmpang lwat

xo bsa di prjlas

jgn pngertian nya ja

Komentar oleh nanno

.mw na ad contoh periodisasi sejrah indo na biar jls . . .
.bsa gg . .
.ak btuh ne

Komentar oleh lusi

mantap bana kalu ado yang kayak iko mah

Komentar oleh yogi agshad

JANGAN TRLALU SULIT COBA DG DENTAL

Komentar oleh HERLAMBANG BAYU P

JANCOK

Komentar oleh HERLAMBANG BAYU P

thanks yawh….
aq bsa jd lebih ngarti…
^_^

Komentar oleh riska

opo ae lah herlambang bayu stres

Komentar oleh sherly seviana

Entah ape2….

cNth de mNe ???

Komentar oleh anie

lebay nih smua komentarnya!!!
komentar yg jelas donk lo smua…

Komentar oleh sMiLe4M3

web nich sngt ngbantu disaat sdang dbutuhkan,,,,,,,,,,

Komentar oleh masuhatunada

bagus

Komentar oleh fandy

mana contoh ini

Komentar oleh iin

contoh-contoh periodisasi dan kronologi apa aja?

Komentar oleh vike

lebih detail lagi dong . . .

Komentar oleh bella

terimakasih atas ilmunya!!!!
do’akan,besok saya maw presentasi tentang periodesasi,semoga lancar1
amien….

Komentar oleh wulan oktaviyana

tidak bagus

Komentar oleh choky si tohang

lebih detail lagi bisa gak , cntohe manaaaaaa ?????????? huftft

Komentar oleh heru cr

slah stu cntoh periodisasi sejarah dalam masyarakat tradisional biasanya di dasarkan pada kurun waktu kekuasaan raja. dan slah stu cntohx, pda tanggal 22 januari 1998 trjadi pristiwa krisis moneter yg mlanda indonesia di pnghujung thun 1997 mnyebabkan nlai tkar rupiah trhdap dollar amerika serikat kian mlemah. dan bhkan tmbus ke angka Rp. 17.000 per dollar AS.

Komentar oleh dewi

bagus
sangat membantu

Komentar oleh qory

sy ada tugas nih…. di sruh mencari contoh periodisasi dan kronologi… itu contohnya yg gimana yah… ?

Komentar oleh Adinda Putrianti Sholihah

slah stu cntoh periodisasi sejarah dalam masyarakat tradisional biasanya di dasarkan pada kurun waktu kekuasaan raja. slah stu cntohx, pda tanggal 4 mei 1998 trjadi pristiwa hrga BBM yg mroket hingga 71% mnimblkan dmostrasi mhasiswa di medan shingga trjadi krusuhan yg mnelan krban sdkitx 6 orng mninggal dnia.

Komentar oleh dewi

cntoh periodisasi sejarah dalam masyarakat tradisional biasanya di dasarkan pada kurun waktu kekuasaan raja. dan slah stu cntoh kronologi yaitu pda tanggal 4 mei 1998 trjadi pristiwa harga BBM meroket hingga 71% dan mnimbulkan demonstrasi mhasiswa. cntohx di Medan trjadi krusuhan smpai mnelan krban 6 orng mninggal dunia.

Komentar oleh dewi

kronologi sejarah yah??

Komentar oleh faradian

contohnya gak ad ya…????, suruh cari arti ma contoh periodisasi, kronologi, kronik soalnya..

Komentar oleh Aniisa Kusuma Ningrum

klau arti dri peridisasi adalah pembagian atau pembabakan slah stu cntoh periodisasi sejarah dalam masyarakat tradisional biasanya di dasarkan pada kurun waktu kekuasaan raja. dan klau kronologi artix sesuai dengan urutan wktu. slah stu cntohx, pda tanggal 22 januari 1998 trjadi pristiwa krisis moneter yg mlanda indonesia di pnghujung thun 1997 mnyebabkan nlai tkar rupiah trhdap dollar amerika serikat kian mlemah. dan bhkan tmbus ke angka Rp. 17.000 per dollar AS.

Komentar oleh dewi

maaf, yach pak klau bisa mterix ditambah lgi sdikit spaya msalx, tambahin cth kronologi dan cntoh periodisasi atau lain” spya yg mmbaca tmbah ngerti pak.

Komentar oleh dewi

mau tanyak perbedaan kronologi sama kronik tuh apa?
kalau bisa tolong di jelasin y? :)

Komentar oleh Guestie Rinenk S

klau kronologi itu pristiwa sjrah yg slalu brlangung sesuai dgn urutan wktu shingga pristiwa” sjarah tdk trjadi scara mlompat-mlompat urutan wktux
sdankan kronik kisah atau ctatan sjrah yg diceritkan brdsarkan urtan wktu. cntox sperti di eropa pd zman kristen awal n zman kristen prtngahan bnyak dtulis krya” sjrah yg dsebut dgn annal atau chronicles.

Komentar oleh dewi

contohnya apaa aja ? kok cuma definisi kronik

Komentar oleh lala_X8

Pa,,, Contoh Periodisasi, Kronologi, Kronik tuh ap aj sh….?? tolong jelasin….

Komentar oleh mazZ

ada yg tauuuuuuuuuuu gak contohX?
plis help me yaa plend

Komentar oleh islam lover X-1

p` bs berikan contoh-contoh PERIODISASI,KRONOLOGI,dan KRONIK

Komentar oleh HUMRONI

maksih atas info nya

Komentar oleh sri dewi sinta maharani

bagus mempeljari sejarah ,kalian smua ga tw sejarah??

Komentar oleh witson

ksih tau contoh na donk..
please

Komentar oleh frawita situmorang

terlalu sigkat.. -____-

Komentar oleh dethaa

singkat bgt

Komentar oleh ekka




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: